Wisata Adat Baru Murmas yang Elok

Operator Sid Desa Bentek 19 Oktober 2016 14:04:16 WIB

TODO (WARTA PAPILOS), Hutan adat Baru Murmas termasuk salah satu objek wisata bernilai budaya tinggi di Kabupaten Lombok Utara dan cukup menarik simpati para wisatawan nusantara maupun mancanegara. Objek wisata ini berlokasi di Dusun Baru Murmas, Desa Bentek Kecamatan Gangga. Faktor utama yang membuat objek wisata ini memukau hati para wisatawan adalah pepohonan dan semak belukar yang ada di tengah hutan murmas menyimpan keindahan luar biasa. Pepohonan dengan dahan, ranting dan daun yang hijau nan rindang tampak kemilau kalau dipandang pada pagi hari. Baru Murmas termasuk dusun yang punya objek wisata cukup potensial di Desa Bentek, pasalnya dusun ini memiliki hutan adat sebagai wisata yang indah dan mempesona siapa saja yang berkunjung ke sana baik sengaja maupun kebetulan. Hutan adat Baru Murmas merupakan aset wisata layak jual di pangsa pasar pariwisata global maupun lokal. Panorama keindahan alam sekeliling hutan sangat eksotik dapat menarik naluri orang untuk rekreasi. Banyak orang yang telah melihatnya berdecak kagum.

Keelokan panorama alamnya yang sungguh memukau membawa hutan adat Baru Murmas banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Objek wisata ini mulai dikenal sejak pemerintahan Desa Bentek di bawah kendali Kamardi, SH. Pada tahun 2000-an sampai saat ini sudah cukup sering hutan adat ini dikujungi orang terutama dari negara lain. Bahkan, setiap tahun rombongan dari negara-negara lain yang bertandang ke wisata ini cukup membanggakan. Pada tahun 2007 serombongan wisatawan dari berbagai negara berkunjung ke hutan adat Baru Murmas. Satu diantara faktor yang menyebabkan hutan adat wilayah paling utara Desa Bentek ini banyak dikunjungi orang adalah keindahan alamnya yang mengasyikkan dan keberadaannya yang tampak dari jalan raya Tanjung-Bayan.  

          Laiknya seperti Selelos, Baru Murmas juga punya cukup banyak daya tarik wisata yang menarik selain hutan adatnya, misalnya vihara yang terletak di ujung barat hutan, dimana letaknya sangat menawan jika dilihat dari jarak kira-kira 100 meter. Seperti temuan media ini, wilayah setempat memang memiliki potensi wisata yang patut dibanggakan dan dilestarikan. Dusun Baru Murmas juga menyimpan banyak wisata budaya, seperti Sireh, dan joget.

Bentang alam hutan adat Baru acapkali memukau pikiran orang yang memadangnya, karena medan wilayahnya berupa dataran tinggi, tanahanya subur, dan suasana iklim cukup dingin. Kondisi cuaca alam hutan adat Baru Murmas yang dingin ini memacu geliat aktivitas perkebunan cukup maju. Pemandangan alam sekelilingnya yang hijau dibarengi kicauan burung-burung yang merdu membawa suasana kian indah dan mengasyikkan. Kepesonaan ini tak kalah dengan pesona panorama alam hutan-hutan wilayah lain di dayan gunung. Hutan adat Baru punya peluang cukup menjanjikan menjadi icon wisata hutan di Lombok Utara. Keasrian hutan beserta pepohonannya membawa aura keindahan tersendiri.

Dengan demikian, keasrian dan kepanoramaan hutan adat Baru Murmas yang indah ini akan tetap terpelihara bila tetap dijaga dan dirawat dengan baik oleh para pemangku pariwisata terutama masyarakat sekitar sebagai pemasok penghasilan rumah tangga yang strategis. Hal ini penting diperhatikan guna menjaga kelestarian ekologinya agar tetap alami, asri dan berseri. Wisata ini bisa dicapai dengan kendaraan roda dua dengan waktu 75 menit berjarak tempuh 6 km dari Tanjung. (aan)

Komentar atas Wisata Adat Baru Murmas yang Elok

Budi 20 Oktober 2016 08:16:21 WIB
kami dari warga desa bentek mengapreasikan kepada desa dengan adanya informasi keterbukaan, Kami dpt melihat sejauh mana pembangnan yg ada di desa bentek bentek, sllu berjaya dan trus maju...

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Bentek

tampilkan dalam peta lebih besar