Pesona Surga Dibalik Keindahan Air Terjun Saong

Operator Sid Desa Bentek 26 Oktober 2016 02:42:48 WIB

TODO (WARTA PAPILOS), Tidak salah kalau sebagian kalangan melabeli dayan gunung sebagai surga dunia, sebab daerah baru hasil perjuangan panjang nan melelahkan jiwa dan raga segenap komponen masyarakat Lombok Utara untuk memekarkannya menjadi daerah baru. Lamanya waktu menanti kepastian mandiri dari kabupaten induk bagi wilayah paling utara di belahan bumi Lombok ini bukan tanpa alasan logis, baik dari segi rona-rona alam maupun potensi sosial budaya masyarakatnya. Pasalnya, Lombok Utara yang tersohor dengan nomenklatur “Dayan Gunung” ini ternyata menyimpan amat banyak keindahan alam sebagai “destinasi wisata” yang membanggakan.

Salah satu destinasi wisata terindah untuk dijadikan tempat wisata bagi wisatawan mancanegara dan nusantara ialah Air Terjun Saong (baca: Tiu Saong – terminologi Sasak Dayan Gunung). Air terjun ini bisa menjadi icon utama objek wisata alam di Lombok Utara. Sumber airnya yang memancur dari tiga lekukan bukit seperti segi tiga membawa aura keunikan tersendiri bagi yang melihatnya. Debit airnya yang putih berkilau merembes menyusuri lekukan tebing dengan rembesan sedang membuat banyak orang terkesima. Daya tarik ini ditambah lagi dengan bebatuan di tengah-tengah kolam yang berukuran kecil-kecil dan mungil mirip mutiara amat sangat indah dipandang dari pelbagai penjuru. Kelebihan eksotika ini bisa mengobati rasa jemu dan penat bagi kita.

Objek wisata ini tentu sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wisata alam bagi Lombok Utara dan tentu pula bisa menambah daya tawar dunia pariwisata bumi bersesanti Tioq Tata Tunaq. Panorama keindahan air terjun ini dengn sendirinya akan meningkatkan daya pikat Lombok Utara di mata para penggila wisata. Sehingga, tak ayal kalau daerah otonom baru di bumi gora ini menjadi salah satu tujuan utama para pecinta wisata dunia. Dengan begitu, potensi wisata ini juga akan akan mendorong kemajuan dayan gunung bila pengelolaannya termanagemen dengan baik, serta tentunya akan memberikan kontribusi positif terhadap akselerasi pembangunan bumi “adi mirah paer daya” menuju daerah yang maju seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia. Jadi, tidak berlebihan jika banyak kalangan menuturkan Lombok Utara punya banyak kekayaan alam sebagai aset dan modal membangun daerah yang baru seumur jagung ini. Aset-aset potensial inilah membuat orang luar berdecak kagum. Dengan kata lain, aset-aset alam yang demikian mampu membangkitkan spirit keindahan yang tiada tara bagi seseorang dan daerah dayan gunung sendiri guna memacu dan melecut perkembangan daerah agar lekas maju dan bangkit dari keterpurukan sebelumnya.

Air terjun Saong terletak di sebelah barat wilayah Dusun Selelos Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Wisata ini otomatis dapat memberi nilai plus bagi dunia kepariwisataan dayan gunung. Air terjun Saong termasuk deretan wisata alam Lombok Utara yang sangat elok, eksotis nan alami. Media Murmas sengaja mengunjungi wisata ini untuk melihat destinasi wisata alam dayan gunung yang punya nilai eco-tourism. Ternyata air terjun ini sangat mempesona. Kepesonaannya ini memicu air terjun ini ramai berbeda dengan objek wisata lain. Objek wisata ini mulai dikenal oleh banyak wisatawan (nusantara – mancanegara). Penasaran dengan surga keindahan wisata ini mendorong media ini mencari informasi lebih detail dan akurat. Walhasil, media ini menemukan warga sekitar untuk diwawancarai agar memperoleh informasi yang rinci, lengkap, dan akurat.

Salah seorang warga, Sapardianto, menuturkan, air terjun Saong punya keunikan dan keistimewaan tersendiri dibandingkan air terjun lain di Dayan Gunung. Menurutnya, air terjun Saong dikenal orang sejak dulu sebelum Lombok Utara mekar dari kabupaten induk. Namun karena luputnya perhatian pemerintah Lombok Barat terhadap wisata ini membuatnya tidak sesohor air terjun lainnya di Lombok Utara seperti air terjun Sendang Gila (Bayan), air terjun Skeper (Kayangan), air terjun pupus dan air terjun Kertagangga (Gangga) maupun air terjun lainnya di dayan gunung,

                   Barang siapa yang ingin menikmati pesona surga air terjun Saong tidak usah ragu dan khawatir karena medan menuju lokasi wisata ini cukup bagus dan tidak butuh waktu lama. Jaraknya cukup dekat dengan kota Tanjung dapat tempuh selama 2 jam dari terminal Tanjung dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km. Untuk berkunjung ke lokasi wisata ini kita bisa menggunakan jasa roda empat ataupun roda dua. Setelah sampai di Sengaran (Selelos) kita akan dipandu oleh pemandu lokal. Bagi yang penasaran silakan berkunjung. Selamat berwisata ria…..!!! (dj)

Komentar atas Pesona Surga Dibalik Keindahan Air Terjun Saong

28 Januari 2017 01:20:10 WIB
Aku juga pernah kesana...itu benar air terjun saong mantap banget...aku jadi kecanduan pengen tiap hari kesana... Inilah desa bentek dengan banyak sekali objek wisatanya...mari kita lestarikan kekayaan alam ini dengan seluruh kecintaan dan semangat kita.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Bentek

tampilkan dalam peta lebih besar