Potensi - Potensi Desa Bentek

Operator Sid Desa Bentek 29 Juli 2013 18:33:33 WIB

POTENSI UMUM YANG DIMILIKI OLEH DESA BENTEK

 POTENSI DALAM BIDANG SUMBERDAYA ALAM

Mata air yang telah dimanfaatkan masyarakat di Desa Bentek sebanyak 13 buah mata air terletak di beberapa dusun yaitu :

  1. Mata air Mandala (hutan Mejet) di Dusun Kakong;
  2. Mata air Lokoq Keleng dan mata air Sekuluh di Dusun Batu Ringgit;
  3. Mata air Erat Sedi dan Sebun Bawi di Dusun Selelos;
  4. Mata air Sepujan, Lokoq Ngampan dan Jongplanka di Dusun Senggaran;
  5. Mata air Stambing di Dusun Dasan Bangket;
  6. Mata air Ponges di Dusun Goa;
  7. Mata air Lokoq Mate di San Baro;
  8. Mata air Gusi sdi Dusun Todo
  9. Mata air Anten dii Dusun Buani; dan
  10. Mata Air Erat Mandala di Dusun Baru Murmas.

Jaringan Perpipaan

Jumlah jaringan pipa yang telah dibangun di Desa Bentek sebanyak 7 Unit.

  • 1 jaringan dengan mata air erat sedi, sebun bawi dan sekuluh dengan panjang jaringan 10 km digunakanuntuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di 2 dusun yaitu Dusun Selelos dan Dusun Batu Ringgit.
  • 1 jaringan dengan sumber mata Lokoq Ngampan dimanfaatkan oleh warga Senggaran dan Nangka Lokaq dengan panjang 3 km.
  • 1 jaringan dengan sumber mata Jongplanka dengan panjang 10 km dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Dusun Goa, San Baro, Lowang Sawak, Dasan Bangket, Todo, dan Dusun Karang Lendang (7 Dusun). Mata air Jongplanka juga dimanfaatkan oleh PDAM Tanjung untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya yang berada di tiga kecamatan yaitu Gangga, Tanjung dan Pemenang.
  • Jaringan Pipa dengan mata air Mandala dimanfaatkanDusun Kakong dengan panjang jaringan lebih kurang 2 km.
  • Mata air Ponges di Dusun Goa, dimanfaatkan oleh gugug Bebele (Dusun San Baro) dan sebagian dipasok ke gubuk Nangka Lokak (Dusun Senggaran). Sistem perpipaan ini merupakan swadaya murni masyarakat sepanjang kurang lebih 1 km.
  • Mata air Setambing di Dusun Dasan Bangket dimanfaatkan oleh masyarakat gubuk Dasan Bangket dan Kerangkeng (Dusun Dasan Bangket) dengan jaringan pipa disediakan masyarakat dengan sistem swadaya murni sepanjang kurang lebih 3 km.
  • Mata air Anten di Dusun Buani dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Buanidengan jaringan pipa disediakan oleh masyarakat dengan sistem swadaya murni sepanjang kurang lebih 2 km.
  • Mata air Erat Mendala di Dusun Baru Murmas dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Baru Murmas, dengan jaringan pipa disediakan masyarakat dengan sistem swadaya murni dan bantuan dari donatur, dengan panjang kurang lebih 3 km.
  1. Sungai

Sungai yang akrab disebut Kali Segaraoleh masyarakatDesa Bentek, melintasi Dusun Selelos, Senggaran, Goa, San Baro, Dasan Bangket, Lowang Sawak, Todo, Todo Lauk, dan Dusun Karang Lendang.Di sungai segara ini terdapat dua aliran yaitu saluran sekunder (telabah gondang dan telabah lekok). Telabah Gondang melintasi Dusun San Baro, Dasan Bangket, Lowang Sawak, Todo, Todo Lauk, Luk Pasiran,Karang Lendang dan Dusun Lenek;sedangkan Telabah Lekok hanya melewati Dusun Lowang Sawak, Todo, Todo Lauk dan Dusun Karang Lendang sebelum memasuki Dusun Karang Kates di Desa Gondang.Sungai Segara merupakan saluran induk irigasi yang mengairi sawah petani di Desa Bentek dan Desa Gondang. Sungai ini juga dimanfaatkan untuk mandi, mencuci, mandi-minum ternak, dll.

  1. Batu Kali

Material batu kali kepemilikannya ada yang dikuasai oleh masyarakat (yang berlokasi di tanah masyarakat) dan ada juga yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja (batu kali yang lokasinya di sungai-sungai maupun koloh atau kali mati). Desa Bentek termasuk salah satu desa yang memiliki potensi batu kali paling banyak di Kecamatan Gangga.

  1. Pasir

Ada dua jenis pasir di Desa Bentek yaitu pasir sungai dan pasir kebun. Pasir sungai tak dikuasai oleh masyarakat, sementara pasir kebun kepemilikannya di tangan pemilik kebun.

  1. Krikil

Ada dua jenis krikil di Desa Bentek antara lain krikil gelondongan dan krikil pecah. Pemecahan krikil ini dilakukan oleh warga sendiri. Lokasi krikil pecah ini ada di Dusun Karang Lendang dan Dusun Dasan Bangket. Sedangkan lokasi krikil gelondongan terdapat di semua dusun dengan kapasitas yang berbeda-beda sesua dengan kuantitas material dan luas area lahan.

  1. Hutan

Desa Bentek sebagai bagian dari Kawasan Hutan Rinjani memiliki luas hutan 1.370 ha terdiri hutan lindung 300 ha dan hutan produksi terbatas 1.070 ha.

Dusun-dusun yang lokasinya berdekatan dengan kawasan hutan antara lain Dusun Baru Murmas, Lenek, Luk Pasiran, Todo, Lowang Sawak, Dasan Bangket, San Baro, Goa, Senggaran, Selelos, Batu Ringgit, Serungga dan Dusun Kakong. Kawasan hutan yang ada di Dusun Kakong, Dusun Serungga, Dusun Batu Ringgit, Dusun Selelos dan Dusun Senggaran merupakan Kawasan Eks. HPH. Sedangkan yang lain tidak termasuk kawasan eks. HPH.Kawasan hutan ini menghasilkan kayu, rotan, ketaq dan lain sebagainya. Jenis kayunya antara lain rajumas, bangsal, kalinguru, jati, kelanjuh, garu dan lain sebagainya.

  1. Kayu

Menurut lokasinya, kayu dibagi menjadi dua jenis yaitu terdapat dikawasan hutan dan dikebun-kebun warga. Kayu ini mulai dari kelas I, kelas II dan kelas III. Semua jenis kayu ini ada di Desa Bentek, disamping kayu-kayu khusus begisting (dadap, kapuk, kemiri,gitak).

 

  1. POTENSI-POTENSI DIBIDANG SARANA DAN PRASARANA
  • Masjid

Tiap-tiap dusun yang mayoritas penduduknya beragama Islam mempunyai satu buah masjid, kecuali Dusun Luk Pasiran, Dusun Lenek, Dusun Baru Murmas dan Dusun Buani.

  • Mushalla

      Kampung-kampung yang terletak jauh dari masjid membangun mushalla sebagai tempat shalat berjamaah lima waktu.

  • Pura

      Pura terdapat di Dusun Serungga, Batu Ringgit, Selelos, Senggaran, dan Dusun Karang Lendang.

  • Vihara

      Vihara dibangun di beberapa dusun diantaranya Dusun Lenek, Baru Murmas, Karang Lendang dan Dusun Buani.

      Dua jenis vihara yang dibangun yaitu Vihara Teravadha dan Vihara Budhayana.

  • Kantor Desa

      Kantor Desa sebagai pusat pemerintahan Desa Bentek terletak di Dusun Todo.

  • Kantor Dusun

      Mayoritas dusun di Desa Bentek belum memiliki kantor. Dari 16 dusun di Desa Bentek, hanya 4 dusun saja yang telah memiliki kantor sendiri, yakni Batu Ringgit, Selelos, Luk Pasiran dan Lenek.

  • Sekretariat Posyandu

      Sebagian besar dusun di Desa Bentek mempunyai sekretariat posyandu. Hanya 6 Dusun saja yang belum memiliki sekretariat diantaranya Goa, Senggaran, Lowang Sawak, Todo Lauk, Serungga dan Batu Ringgit.

  • TK dan PAUD

      Taman Kanak-kanak hanya ada di Dusun Todo dan Dusun San Baro. Muridnya berasal dari dusun lainseerti Karang Lendang, Buani, Lowang Sawak. dan Bahkan ada yang dari Dusun San Baro. Sedangkan PAUD terletak di Dusun San Baro, Todo, Lenek, dan Dusun Kakong. Muridnya berasal dari dusun-dusun tetangga.

  • Sekolah SD

      Sekolah dasar terletak di Dusun Selelos, San Baro, Todo, Karang Lendang dan Dusun Lenek dan Baru Murmas.

      SD yang terdapat di Dusun Selelos dimanfaatkan oleh warga Dusun Selelos, Dusun Senggaran, Dusun Batu Ringgit. SD di San Baro, sumber muridnya berasal dari San Baro, Goa, dan Dasan Bangket. SD di Todo berasal dari Dusun Todo, Todo Lauk, Lowang Sawak, dan Dusun Karang Lendang bagian selatan. SD di Karang Lendang muridnya berasal dari Dusun Karang Lendang, Luk Pasiran dan Karang Kates (Desa Gondang). SD di Lenek menampung muridyang berasal dari Dusun Lenek dan Dusun Luk Pasiran (Biloan dan Pasiran) dan terakhir, SD Pilial di Baru Murmas, mendidik anak-anak dari dusun setempat. Rata-rata kondisi SD-SD ini baik dan terletak diposisi-posisi strategis.

  • Sekolah SMP

      Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Bentek hanya satu berlokasi di Karang Gerepek, Dusun Karang Lendang.

  • Madrasah

      Madsarah Tsanawiyah San Baro sudah lima tahun berdiri dan merupakan satu-satunya Madrasah yang ada di Desa Bentek. Tahun lalu (2010), dikembangkan dengan membentuk Madrasah Aliyah. Bangunan Madrasah ini sangat sederhana dengan didukung fasilitas seadanya. Pendidiknya sebagian besar adalah guru honorer dan guru-guru yang diperbantukan.

  • Panti Asuhan (PA)

      Panti Asuhan hanya ada satu di Desa Bentek terdapat di Dusun San Baro (Yayasan Banjar Serba Guna)

  • Bendungan/Regulator Irigasi

      Bendungan yang ada di Desa Bentek terletak di perbatasan antara Kecamatan Gangga dengan Kecamatan Tanjung, tepatnya di Dusun San Baro (Kecamatan Gangga) dengan Dusun Dasan Tengak (Kecamatan Tanjung). Bendungan ini digunakan untuk mengairi sawah-sawah warga dua kecamatan.

  • Saluran Irigasi

      Saluran irigasi di Desa Bentek meliputi saluran irigasi primer, saluran irigasi sekunder dan saluran irigasi tersier. Saluran irigasi primer sepanjang lebih kurang 25 km, saluran irigasi sekunder sepanjang 6,5 km (telabah Gondang) dan telabah Lekok dengan panjang 1,5 km. Saluran irigasi tersier sepanjang 6,35 km, dengan rincian di Dusun Dasan Bangket: 700 m, di Dusun Todo dan Lowang Sawak {(Genting Piling s/d Gusi 1,3 km), (Genting Piling s/d Todo 2 km), (Buani s/d Lendang Gala 250 m)}, di Dusun Karang Lendang 850 m, di Dusun Buani 250 m, dan di Dusun Kakong sepanjang 1 km.Bendungan irigasi ini mempunyai dua outlet yaitu Outlet sebelah kiri melayani lahan pertanian di Kecamatan Tanjung sedangkan Outlet sebelah kanan mengairi lahan pertanian masyarakat Desa Bentek dan Desa Gondang.

  • Pustu dan Polindes

      Pustu dan Polindes hanya ada 2 unit, masing-masing diDusun Todo dan Dusun Batu Ringgit, dan Polindes terletak di Dusun Karang Lendang (Depan SM Negeri 3 Gangga).

  • Jalan Kabupaten

      Panjang jalan kabupaten yang ada di Desa Bentek adalah 16 km melintasi 11 dusun. Jalan kabupaten ini terdiri dari dua rute.

      Rute pertama melintasi Dusun Karang Lendang s/d Dusun Selelos (Karang Kates sd Selelos) sepanjang 9 km, sedangkan rute kedua melewati Batu Ringgit, Dusun Selelos dan Dusun Serungga (Lias s/d SD Selelos) sepanjang 7 km.

  • Jalan Desa

      Panjang jalan desa adalah 21,5 km. Jalan-jalan ini berada di Dusun Baru Murmas 3 km, Lenek 3 km, Jalan Lingkar Luk Pasiran-Buani-Todo 3 km, San Baro-selelos 7,5 km, Selelos-Batu Ringgit (Lokoq Keleng) 1,5 km, Kakong 2 km dengan lebar rata-rata 4 meter.

  • Jalan Kampung

      Transportasi antar kampung dihubungkan oleh jalan desa dan jalan kampung. Jalan-jalan kampung ini kondisinya memperihatinkan. Sama halnya dengan jalan desa, musim kemarau jalan ini sangat berdebu, musim hujan becek dan berlubang. Jalan jenis ini ada yang lebarnya sudah dilebarkan menjadi 3 meter dan ada juga yang masih berupa jalan setapak.Lokasi jalan kampung yang sudah dilebarkan antara lain Baru Murmas, Lenek, Luk Pasiran,Buani dan di Dusun Sengaran.

  • Jalan Setapak

      Jalan Setapak berfungsi menghubungkan lokasi pertanian dan perkebunan masyarakat. Jalan ini hanya bisa dilewati sepeda motor (mengojek) untuk alat pengangkutan satu-satunya hasil perkebunan petani/pekebun. Ongkosnya tinggi karena tingkat resiko yang dilewati oleh pengojek cukup berbahayakarenajalurnyarawan. Kedepan, jalan-jalan ini perlu dilebarkan dan dikeraskanuntukmeningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.

  • Jembatan

      Infrastruktur dasar (jembatan) terdapat di Todo Lauk, Dasan Bangket, San Baro, Nangka Lokaq, Selelos, Batu Ringgit, dan Serungga

  • Deuker

      Deuker terdapat di Dusun Todo, Lowang Sawak, Karang Lendang, Luk Pasiran, Lenek, dasan Bangket, San Baro, dan Dusun Goa.

  • Balai Banjar

      Terdapat di San Baro, Goa, Lenek, Luk Pasiran dan Kakong.                        

 

  1. Potensi Khusus

 Lahan Persawahan

Persawahan yang ada di Desa Bentek tersebar di Dusun Dasan Bangket, Lowang Sawak, Todo, Todo Lauk, Buani, Luk Pasiran, Karang Lendang, Lenek dan Dusun Kakong. Sistem irigasinya melalui saluran irigasi tersier permanen dan semi permanen.Luas tanah sawah untuk pertanian tanaman pangan se-wilayah Desa Bentek adalah

Tanah sawah irigasi             : 24,90 ha

Tanah sawah ½ irigasi                    : 61,00 ha

Tanah tadah hujan               : 1,90 ha

Jumlah                                : 97,80 ha

  1. Lahan Perkebunan

Lahan perkebunan yang terletak di Dusun Batu Ringgit dan Dusun Selelos merupakan lahan yang ditanami dengan komoditi unggulan seperti: Kopi, Kakao, Cengkeh, Panili, Pisang, dan lain-lain. Sistem pemasarannya lewat i pengepul, dijual langsung kepasar dan adapula langsung dikirim ke Bali.

Lahan Perkebunan yang terletak di wilayah bawah (Dasan Baro, Dasan Bangket, Todo, Luk Pasiran, Lenek dan Baru Murmas) di dominasi oleh komoditi-komoditi lokal seperti: jambu mente,kelapa, ubi kayu dan kacang tanah. Ada juga pisang dan kakao tetapi dalam jumlah sedikit.

  1. Sumberdaya Manusia

Potensi-potensi sumberdaya manusia yang ada di Desa Bentek antara lain:

Tukang, Pekerja, Petani, Pekebun, Peternak, Pegawai Negeri Sipil, Perawat, Pengerajin, Dukun Beranak Terlatih, Bidan Desa, Pemerintahan Desa (Kades, BPD, Perangkat Desa). Murid Sekolah (PAUD, TK,SD,SMP,SMA dan PT), Anak-anak balita, Kader Posyandu, Kader PKK, Kader Teknik, Kader Kesehatan, Pengurus Banjar, Pengurus Adat, Pengurus Masjid, Pengurus Mushalla, Pengurus Pura, Pengurus Vihara

 

  1. Potensi Bidang Ekonomi

Adapun potensi-potensi bidang ekonomi Desa Bentek antara lain:

  1. Kelompok-kelompok Simpan Pinjam

Kelompok Simpan Pinjam di Desa Bentek dapat mengakses dana dari SPP Badan Usaha Milik Desa Lembaga Keuangan Mikro (BUMDes LKM) Bentek.

Kelompok SPP PNPM tersebar di Dusun Todo, Dusun Luk Pasiran, Dusun Karang Lendang, Dusun Dasan Bangket dan Dusun San Baro (sebanyak 5 Dusun), sedangkan 8 dusun lain belum mengakses dana SPP PNPM. Dusun Senggaran, Selelos, Batu Ringgit, Serungga dan Kakong tidak mengajukan permohonan karena menganggap dana yang disalurkan melalui SPP PNPM masih terlalu kecil dibandingkandengan usaha yang mereka geluti. Mereka mengusulkan supaya plafon permohonan dapat dinaikkan dari 2 juta rupiah. Dusun lain yang belum mengajukan proposal/permohonan dana stimulan yakni Dusun Baru Murmas, Dusun Lenek dan Dusun Buani. Khusus untuk Dusun Buani, mengajukan permohonan pada program SPC-2 PNPM.

Sedangkan Kelompok Masyarakat yang mengajukan tambahan modal kepada BUMDes-LKMBentek tersebar hampir disemua dusun. Namun persyaratan pengaksesan dana dari lembaga ini mengharuskanadanya jaminan atas pinjaman yang diberikan. Kelebihan BUMDes LKM adalah plafon dana yang diberikan lebih tinggi dari SPP PNPM.

  1. Kelompok Arisan

Arisan yang ada di Desa Bentek beranggota ibu-ibu yang mengelompokkan diri dalam satu kelompok dengan aturan tersendiri baik jumlah setorannya maupun jenis yang diterima peserta arisan. Ada arisan yang ketika dikocok, uang arisan langsung diberikankepada penerimanya tetapi ada juga yang menerima dalam bentuk lain misalnya perabotan rumah tangga.

  1. Pengerajin

Pengerajin Desa Bentek khususnya di Dusun San Baro, Dasan Bangket dan Dusun Lowang Sawak, Dusun Todo dan Dusun Todo Lauk punya spesifikasi usaha adalah Kerajinan Anyaman Bambu. Beraneka ragam produk yang lahir dari tangan kreatif mereka.

  1. Industri Kecil Percetakan Beton

Industri Kecil Percetakan Betonterdapat di Dusun Karang Lendang. Produk- produk yang dibuat antara lain aneka jenis pavin blok,gorong-gorong, aneka jenis loster, dan sebagainya.

  1. Industri Kecil Percetakan Beton

Industri Kecil Percetakan Batako ada di Dusun Lendang Gala dan Lembah Sari   Dusun Todo Lauk, Dusun Dasan Bangket dan Dusun San Baro.

  1. Industri Kerajinan Rumah Tangga

Industri Kerajinan Rumah Tangga ada di Dusun Selelos (Inkra Tegar Jaya). Industri ini memproduksi bahan-bahan rumah tangga seperti asbak rokok, kap lampu, talam, nampan dan lain-lain. Bahan yang digunakan adalah batang kelapa dan kayu kebun.

  1. Kelompok Pertukangan

Kelompok usaha kecil pertukangan ada di Dusun San Baro (KUKP Bakong Indah). Produk yang dihasilkan antara lain almari, meja, kursi, batako, dll.

  1. Industri Batu Bata

Industri rumah tangga khususnya pembuatan batu-bata ini berada di Dusun Luk Pasiran, lokasi pengambilan bahan berada di kawasan tanah hak milik.

  1. BUMDes LKM Desa

BUMDes LKM Desa Bentek merupakan salah satu lembaga keuangan desa yang ada di Kecamatan Gangga dan masih eksis sampai saat ini (tahun 2015). Sampai saat ini, modalnyamencapai Rp. 600 juta lebihyang melayani kebutuhan kredit untuk usaha kecil yang ada di Desa Bentek, dengan bunga 2 % dengan sistem pola angsuran pokok dan bunga. Jangka waktu pinjaman tergantung dari jenis usaha yang dijalankan oleh para kreditur.

  1. Pedagang

Pedagang kecil merata disemua dusun. Barang dagangan mereka adalah kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti beras, gula snack, dan lain-lain.

Pedagang-pedagang kecil ini mengakses kredit dari BUMDes LKM, SPP PNPM maupun lembaga keuangan lainnya (bank).

  1. Kelompok-kelompok KUBE

Kelompok Usaha Bersama hampir merata di semua dusun. Usaha yang mereka jalankan bervariasi tergantung kebutuhan dan potensi lokal setempat.

  1. Kelompok Tani Ternak

Kelompok Tani Ternak (KTT) hampir merata di seluruh dusun dengan bidang kegiatan berbeda-beda antardusun tergantung sumberdaya lokal.

  1. Komoditi Perkebunan
  2. Komoditi Pertanian (Sawah)
  1. Potensi Bidang Sosial Budaya
  2. Organisasi Banjar

Organisasi/Lembaga Kelompok Banjar terdapat disemua dusun di Desa Bentek. Perkumpulan ini berperandalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan seperti acara pernikahan, acara kematian, dan acara- acara lain dalam kehidupan masyarakat dusun. Di beberapa dusun organisasi ini memainkan peranan cukup vital dan strategis, bahkan segala problem kehidupan bermasyarakat dimusyawarahkan hingga tuntas. Oleh karena peranan dan kiprahnya yang begitu penting, sehingga organisasi ini terkenal dengan istilah ”Perkumpulan Hidup Mati” .

  1. Kelompok-kelompok Kesenian

Kelompok kesenian yang ada di Desa Bentek antara lain Gendang Beleq, Kecimol, Sireh, Kencodak, Joget, dan Rabbana Qasidah.Kesenian-kesenian ini biasanya dipergunakan oleh masyarakat pada saat pesta-pesta rakyat misalnya pesta perkawinan, hajatan-hajatan maupun peringatan hari-hari besar keagamaan.

  1. Organisasi Keagamaan.

Organisasi keagamaan hampir merata di semua dusun di Desa Bentek, antara lain Takmir Masjid, Pengurus Mushalla, Pengurus Pura, Pengurus Vihara, Remaja Masjid (Perhimpunan Remaja Islam), Muda-mudi (Perhimpunan Remaja Buddha), dan Terune Teruni (Perhimpunan Remaja Buddha), TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an/tempat anak-anak mempelajari ajaran-ajaran agama Islam seperti mengaji, belajar tajwid, belajar makhroj huruf, dll).

Pengurus-pengurus keagamaan ini bertugas mengurus semua kegiatan-kegiatan ritual-ritual keagamaan sehari-hari maupunperayaan hari-hari besar agama. Tidak pelak, bahwa organisasi-organisasi ini punya andil cukup besar dan strategis dalam membina dan memberdayakan anak-anak, generasi muda maupun orang dewasa yang mengalami kegersangan moral dan akhlak untuk memberikan arah yang benar sesuai tuntunan ajaran agama .

  1. Toleransi Lintas Keyakinan

Terbangun dan terjalinnya toleransi yang tinggi antar pemeluk-pemeluk agama di Desa Bentekmerupakan salah satu nlai-nilai sosial budaya yang perlu dan patut dipelihara dan dipertahankan pada masa mendatang. Terbukti, hingga kini gejolak pertentangan/perselisihan(konflik) antarumat beragama belum pernah terjadinya.Desa Bentek termasuk salah satu desa di daerah bumi Tioq Tata Tunaq yang plural dari keyakinan agama. Ada tiga agama besar yang dianut masyarakat. Mayoritas penduduk beragama Islam dan sebagian lagi menganut agama budha dan agama hindu, bahkan ada yang memeluk agama Kristen (0,04 %).Sebaran penduduk menurut agama dapat dirincikan sebagai berikut:

  • Penganut agama Islam ada di Dusun Todo, Dasan Bangket, San Baro, Goa, Selelos, Senggaran, Batu Ringgit, Serungga,Kakong, dan Dusun Karang Lendang.
  • Penganut agama Buddha ada di Dusun Baru Murmas, Lenek, Luk Pasiran dan Dusun Karang Lendang.
  • Penganut agama Hindu ada di Dusun Serungga, Batu Ringgit, Selelos, Senggaran, dan Dusun Karang Lendang.

Sedangkan prosentase penduduk berdasarkan agama antara lain Islam  53,50 %, Buddha 33,10 %, Hindu 13,00 %, dan Kristen 0,04 %(Sumber: Urusan Kesra Desa Bentek 2014).

  1. Yayasan Banjar Serba Guna Dasan Baro

Yayasan ini berdiri sejak tahun 2003 bergerak di bidang sosial kemanusiaan seperti membina orang jompo/lansia, fakir miskin, dan penyandang cacat. Binaan yayasan ini tersebarluas di beberapa wilayah di Kecamatan Gangga. Hingga kini yayasan banjar serbaguna masih eksis dan tetap aktif menjalankan kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

  1. Kelompok Masyarakat Peduli lingkungan ( KMPL )

Lingkungan hidup yang baik, segar dan alamiah menjadi kebutunan utama manusia untuk dapat hidup dan mempertahankan kehidupan sehari-hari. Atas dasar filosofi itulah KMPL berdiri. Ini sesuai dengan salah satu agenda besar yang diusung oleh MDGs. Demi memenuhi kebutunan atas lingkungan yang baik, berbagai kegiatan dijalankan oleh kelompok ini, misalnya penghijauan lingkungan. Adanya prilaku pembalakan liar terhadap hutan di beberapa titik membutuhkan penanganan ekstraketat agar lingkungan alam Desa Bentek dapat dipertahankan untuk kelangsungan hidup generasi mendatang.    

  1. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)

Gapoktan merupakan wadah perhimpunan kelompok-kelompok tani yang tersebar di pelbagai dusun di Desa Bentek,untuk mengakomodir kepentingan kelompok-kelompok tani terhadap kegiatan-kegiatan pertanian/perkebunan.

 

 

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Bentek

tampilkan dalam peta lebih besar